Apa itu 5m ?
(
mengamati,menanya,menyajikan,menalar,mencoba )
1. Mengamati
Metode mengamati mengutamakan
kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull
learning). Metode ini memiliki keunggulan
tertentu, seperti menyajikan media obyek secara nyata, peserta didik
senang dan tertantang, dan mudah pelaksanaannya. Tentu saja kegiatan mengamati
dalam rangka pembelajaran ini biasanya memerlukan waktu persiapan yang lama dan
matang, biaya dan tenaga relatif banyak, dan jika tidak terkendali akan
mengaburkan makna serta tujuan pembelajaran.
Mengapa 5m itu di perlukan ( mengamati )
Karena Metode mengamati sangat bermanfaat bagi pemenuhan rasa
ingin tahu peserta didik. Sehingga proses pembelajaran memiliki kebermaknaan
yang tinggi. Dengan metode observasi peserta didik menemukan fakta bahwa ada
hubungan antara obyek yang dianalisis dengan materi pembelajaran yang digunakan
oleh guru.
Bagaimana melakukan kegiatan
5m (mengamati)
Kegiatan mengamati dalam
pembelajaran dilakukan dengan menempuh langkah-langkah seperti berikut ini.
- Menentukan objek apa yang akan diobservasi
- Membuat pedoman observasi sesuai dengan lingkup objek yang akan diobservasi
- Menentukan secara jelas data-data apa yang perlu diobservasi, baik primer maupun sekunder
- Menentukan di mana tempat objek yang akan diobservasi
- Menentukan secara jelas bagaimana observasi akan dilakukan untuk mengumpulkan data agar berjalan mudah dan lancar
- Menentukan cara dan melakukan pencatatan atas hasil observasi , seperti menggunakan buku catatan, kamera, tape recorder, video perekam, dan alat-alat tulis lainnya.
Kegiatan observasi dalam proses pembelajaran meniscayakan
keterlibatan peserta didik secara langsung.
2. Menanya
Guru yang efektif mampu
menginspirasi peserta didik untuk meningkatkan dan mengembangkan ranah sikap,
keterampilan, dan pengetahuannya. Pada saat guru bertanya, pada saat itu pula
dia membimbing atau memandu peserta didiknya belajar dengan baik. Ketika guru
menjawab pertanyaan peserta didiknya, ketika itu pula dia mendorong asuhannya
itu untuk menjadi penyimak dan pembelajar yang baik.
Mengapa 5m itu di perlukan ( menanya )
dengan
pertanyaan maka siswa akan lebih aktip dan dapat berusaha lebih giat lagi untuk
menjawab pertanyaan seorang guru tersebut dengan benar,maka dengan menanya
seorang siswa akan berusaha lagi.
Bagaimana melakukan kegiatan
5m (menanya)
Dengan
cara :
- Membangkitkan rasa ingin tahu, minat, dan perhatian peserta didik tentang suatu tema atau topik pembelajaran.
- Mendorong dan menginspirasi peserta didik untuk aktif belajar, serta mengembangkan pertanyaan dari dan untuk dirinya sendiri.
3. Menalar
Penalaran adalah proses berfikir
yang logis dan sistematis atas fakta-kata empiris
yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan. Penalaran dimaksud merupakan penalaran
ilmiah, meski penakaran nonilmiah tidak selalu tidak bermanfaat.
Mengapa 5m itu di perlukan ( menalar
Karena proses pembelajaran pembelajaran akan
berhasil secara efektif jika terjadi interaksi langsung antara pendidik dengan
peserta didik. Pola ineraksi itu dilakukan melalui stimulus dan respons.
Bagaimana melakukan kegiatan 5m (menalar)
Kesiapan diidentifikasi berkaitan langsung dengan
motivasi peserta didik. Kesiapan itu harus ada pada diri guru dan peserta
didik. Guru harus benar-benar siap mengajar dan peserta didik benar-benar siap
menerima pelajaran dari gurunya. Sejalan dengan itu, segala sumber daya
pembelajaran pun perlu disiapkan secara baik dan saksama.
4
4. Mencoba
Untuk
memperoleh hasil belajar yang nyata atau otentik, peserta didik harus mencoba
atau melakukan percobaan, terutama untuk materi atau substansi yang sesuai.
Mengapa 5m itu di perlukan ( mencoba)
Karena Aplikasi metode eksperimen atau mencoba
dimaksudkan untuk mengembangkan berbagai ranah tujuan belajar, yaitu sikap,
keterampilan, dan pengetahuan.
Bagaimana melakukan kegiatan 5m (mencoba)
(1)
menentukan tema atau topik sesuai dengan kompetensi dasar menurut tuntutan
kurikulum;
(2)
mempelajari cara-cara penggunaan alat dan bahan yang tersedia dan harus
disediakan;
(3)mempelajari
dasar teoritis yang relevan dan hasil-hasil eksperimen sebelumnya;
(4) melakukan
dan mengamati percobaan;
(5) mencatat
fenomena yang terjadi, menganalisis, dan menyajikan data;
(6) menarik
simpulan atas hasil percobaan; dan
(7)membuat
laporan dan mengkomunikasikan hasil percobaan
5. Menyajikan
Menyajikan
data yang telah di kelompokan atau yang telah di proleh untuk di diskusikan
dengan siswa yang lain.
Mengapa 5m itu di perlukan ( menyajikan)
Dengan
menyajikan kita akan dapat mengetahui hasil dari semua pembelajaran.
Bagaimana melakukan kegiatan 5m (menyajikan)- Mempersiapkan dulu bahan yang akan di sajikan
- Menyususn rencana untuk menyajikan.
- Membuat rencana penyajian
- Merangkum hasil.
Posting Komentar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar